Konsultasi, curhat, solusi untuk masalah Anda
RSS icon Home icon
  • Terapi untuk mencegah pikun, dengan Psikolog berpengalaman

    Posted on June 3rd, 2013 Admin Psikologi 26 comments

    Penawaran terbatas dari KonsultasiPsikologi.com

    Bagi anda yang berusia di atas 50 tahun, memiliki masalah dengan daya ingat (pikun) dan mau belajar untuk mencegah pikun, kami tawarkan sesi terapi dengan psikolog berpengalaman.

    Gratis tanpa dipungut biaya.

    Penawaran ini hanya berlaku bagi mereka yang tinggal di Jakarta dan Depok.

    Hubungi: Retha Arjadi, M.Psi, Psikolog - 0812 9024 8078

     

    26 responses to “Terapi untuk mencegah pikun, dengan Psikolog berpengalaman”

    1. maaf saya harus ngepost di tema yg tidak ada hubungan sama sekali dgn masalah saya,,saya butuh solusi…, saya lg ad mslh ni sm cewek saya,,, maslhnya gara2 saya g sabaran kata dia, tp saya kyk gt krna saya liat statusnya dia ngetag nama cowok,,saya juga sudah tanya dan dia sbnrnya udh jwb “itu tmenku :(” begitu, tp saya emosi dan saya cuekin ,,lalu dia me-remove fb saya,,nah skrg saya bingung plus takut dia prgi,,nah yg harus saya lakuin skrg apa y pak? saya btuh bantuan :( ,,saya sayang bgt sm dia…dia masih marah, jwb smsnya masih ketus, tp klo g saya blz, dia sms trus ngancem” prgi,,nah saya harus gmn? biar dia g remove ane, trus gmn biar dia luluh lagi????? tolong ya pak, saya mahasiswa tgkat akhir, dia smster 2, nah saya hanya ingin solusi, apa saya harus berhenti memberi perhatian pada dia, atau kah bgmn? dan bgmn agar cewek saya itu mengerti bhwa jika ada maslah jgn lgsg mutusin hubungan d FB atau dmnpun krna tiap marah dia lgsg mutus hubungan +remove fb dan mngancam utk meninggalkan saya,,saya ingin dia dewasa pak, tolong pengarahannya y pak, jujur saya tidak mau kehilangan dia, saya sangt btuh solusi,,,saya sangat menyayangi dia,,saya bingung dgn diri saya sndiri, bhkan kadang saya juga benci diri saya sndiri,,tolong pak

    2. Pak/Bu ada E-mail tidak saya ingin konsul nih blh tidak ? terima kasih

    3. saya mempunyai sebuah masalah dimana masalah tersebut menekan psikis saya. Ini tentang saya yang menjadi ketua kelas. Ada beberapa siswa yang tidak suka jika saya jadi ketua kelas. Mereka terus terusan tidak mau mengakui saya sebagai ketua. Mereka malah membuat pecah kelas. Bagaimanakah saya bersikap dan caranya menyatukan mereka? Terima kasih banyak

    4. IYA MANA NIH KOLOM KONSULTASI nYAAA ??

    5. saya mau tanya bagaimana cara agar anak cepatberkonsentrasi, memahami,dan mengingat ya????
      soalnya anak saya kalo belajar susah menyambungnya dan selalu bermain main,,,
      waktu itu saja dia di suruh menulis dengan gurunya tapi tulisan dia tidak selesai sedangkan teman teman nya selesai dan mendapatkan nilai,,,
      terima kasih banyak

    6. kq gx d jwab che pertanyaannya,,

    7. Pin bb ku 20C7AC7C ku btuh tman curhat :(

    8. Konsultasinya di sini aja yah…
      Sy mempunyai keponakan laki2 yg berusia 16th saat ini sy sering melihat dia tertawa sendiri dan berbicara sendiri, dia sering sekali bengong padahal sudah sering kali sy tegur tp dia tidak menggubrik, ibunya telah meninggal dunia saat melahirkan dia sedangkan kk ipar sy telah menikah dan memiliki 3 orang anak, tingkah polah keponakan sy ini baru sy ketahui kurang lebih 1bln ini karna baru saat usia 16th dia mau menginap drmh sebelumnya tidak, ketika sy tanyakan kepada kk ipar sy ternyata keadaan seperti ini memang sudah berlangsung cukup lama namun bertahap jd tidak terlalu menonjol klw dia hanya sesaat bertemu dengan keluarga sy, tp saat ini pikiran dan omongannya mulai ngaco…apakah ini tanda2 dr kegilaan. Bila memang seperti itu apa yg mesti sy lakukan?? Tolong bantu sy karna anak ini adalah tanggung jawab sy selaku tantenya dan sy selalu ingat almh kakak sy..

    9. saya wanita usia 23thn,saat ini saya baru 3 bulan diangkt menjadi manajer di prusahaan dmana saya baru bekerja selama 1 thn 3 blan disana. selama 1 tahun sebelum saya diprmosikan,saya akui saya sgt cuek dan bersikp masa bodo pda semua hal yg terjadi di kantr. (sbg informasi seblmnya saya adlh staf akuntansi) kecuali yg berhub dg kerja saya dn terus2n berusaha mncari kerja di bumn krn sya merasa sya tidk cocok dg suasana kntr tsb.
      masalahnya skrg sya terjebak,sya skrg manajer yg notabene org no 2 di kntr,tp ilmu n kmpuan sya msh minmalis krna mmng tdk dididik khusus phak perusahaan,pendahulu sya jga menekankan bahwa sya akan bsa dg sndirinya,org2 dikantr kelihatan terpaksa mnerima promosi sya,mereka sgt trlihat berusaha menjthkn sya,org pusat memaksa sya untuk bsa mnhandle smua kerjaan tnpa ada alasan sya baru atai tidak mengerti,kepala cbang juga tdk bnyak membantu. blm lagi ternyata sya blakangn baru tau masalah di kntr itu parah n slama ini manajer yg dlu pintr menutupi n mngatasinya dg cara yg memang tdak sepenhnya bnar. sya ingin berhenti tp ego n harga diri sya menahan sya. bgaimana ini? sya jadi stress,kurg tdur n mulai khilangan kesabaran atas smua yg terjadi dkantr. sya bersyukur atas smua promosi ini,tpi sya terus2n tdk bsa mnahan tangis klo sdah sampai krumah,dada saya sesak klo tdk dilampiaskan. saya bnr2 btuh org tuk berbagi selain keluarga saya.

    10. fgdd

    11. Sy wanita dari sulawesi, baru mengalami masalah..sy berpacaran jarak jauh selama 8 bulan dgn seseorang cowok..dia orang sulawesi tapi tugas dijakarta,bulan lalu dia mudik ke sulawesi..1 bulan stlah dia balik kejakarta..sy baru tau kalau dia trnyata punya istri & anak,sy taunya dari istri & org tuanya yg menghubungi sy.sy sangat shock,benar2 tdk menyangka,tiap kegiatannya sy temani lwt tlpn..mulai bangun tidur pagi sampai tidur malam.rencana masa depanku dengannya kini hancur..smua kluargaku mengharapkan hubunganku sama dia bisa langgeng.
      sy sangat stres,ditambah lg tiap saat kepikiran dia trus..kangen sama dia.masalah ini sy tutup rapat2 dari kluarga & kerabatku.
      Skarang emosiku sangat labil,selalu sedih mengingat masalah ini,benci anak kecil..benci orang2 yg profesinya sama dengan dia.benci smua yang berhubungan dengan apa yang dia miliki.sy benar2 trauma kenal cowok lagi.sy sangat ingin mencurahkan masalah yg menimpaku ini,dan menangis sejadi-jadinya tp malu..orang yg sy cintai & bangga2kan selama ini trnyata penipu.
      Apa yg harus sy lakukan agar bisa lepas dari derita batin ini dok?

    12. nama qudhevy saya anak pertama dari 3 bersodara ,orangtuaqu punya banyak utang dan saya anak pertama yg paling gde tentu saya yg haruss bantu mereka ,semuahh usaha yg kita bikin selalu ta sesuai yg kita harapkan saya pusing bgtt udah cape jalanin semuahh ini ,di tambah lg saya jatuh cinta sama suami orang ,dia bilang dia jg sayang sama saya ,tapi orang tuaqu melarang qu buatt ngarepin dia atau berhubungan ama dia tapi mw gimana saya udahh terkanjurr cinta n sayang sama diaa pusin

    13. cucut kurniawati

      Dear…

      Nama saya cuut kurniawati,saya Ibu Rumah tangga dan msh duduk di bangku perkuliahan,usia saya 22 tahun….saya sudah menikah dan pernikahan saya baru berjalan 2 tahun…saya di karuniai seorang putra usia 10 bulan…Suami saya bekerja jauh di pertambangan…saya sangat menyayangi dan mempercayai suami saya…..sy baru brtumu suami sy 1bln stgh,karna sistem cuti kerja suami saya….saya sempat hidup bersama dkt pekerjaan suami saya,semenjak saya melahirkan saya ikut orang tua saya dan saya masih hrs menyelesaikan kuliah saya…..,,,semenjak habis idul fitri 2013 kemarin suami saya berubah….saat pulang cuti,saya ajak berhubungan badan tidak mau…alasan capek,,selama cuti 2 minggu di rumah hanya 2 kali sy berhubungan…itu d lakukan saat dia mw berangkat kerja kembali….saya curiga,,sebab ada contac d bb suami saya yang memakai foto suami saya sbgai profilnya…suami saya bilang itu teman….itu pun saya masih percaya….kecurigaan saya semakin besar…besar perempuan itu ada sms suami saya yang mengatakan “aku bilang sama eka aku gak akan kembali dengan kamu,sampai aq kembali sama kamu,aqludahi muka ku”…perempuan yang sms itu bernama indah….dan eka itu teman indah yg mengenalkan kepada suami saya….saya bertanya kepada suami saya lg,kalau hanya teman…mungkin Tuhan ingin menunjukkan kebusukan suami saya….saat suami saya cuti kembali dan dia tertidur saya mengecek bb suami saya….,dan perempuan itu sms kembali” Dia tidak terima dgn perbuatan suami saya yang dilakukan kepadanya”…saya bls sms perempuan itu,seolah-olah saya menjadi suami saya yang membalas….,,perempuan itu mengancam dan mengirimkan foto mereka tidur bersama……waktu saya melihatnya,hati saya hancur……sakit…..saya tidak percaya suami saya mengkhianati saya…kejadian sms itu malam,dan malam itu juga saya minta antar suami saya datang kerumahnya…tapi perempuan itu tidak mau menemui saya,,,perempuan itu bilang kalo suami saya pilang cuti,suami saya mendatangi dia dulu baru pulang menemui saya,sampai di tempat kerjaan suami saya perempuan itu mendatangi suami saya….sampai ke jakarta pun suami saya membawanya…dan perempuan itu juga bilang suami saya janji menikahi dia,dan suami saya berjanji untk berlaku adil….,hati sy bnr-bnr hncr,sakit……pada saat itu juga saya suruh suami saya menikahi perempuan itu,tp suami saya tdk mau,dan meminta maaf kepada sy dan berjanji tdk akan mengulanginya lagi,paginya saya suruh dia jujur dan berkata kpd orang tuanya serta orng tua saya…,sy minta cerai tp suami saya mnta kesempatakan 1 kali lg u memperbaiki,saya memikirkan ank sy yg masih kecil,serta klga besarnya…saya menutupi aibnya…sy coba sabar dan ikhlas mnrima smwanya….tp smpi detik mlm ini hati kcl sy blm bs mnrima,sy msh terbayang foto suami saya tidur dgn perempuan itu…saya takut suami sy mengulanginya,Dan saya mohon saran apa yang harus sy lakukan atas perbuatan suami sy terhadap saya,mohon di balas….krna saran dari anda sangat berarti bagi saya…

      Terimakasih,,

    14. Saya seorang Mahasiswa baru semester 1,Gender:Laki-Laki,Age: 18 tahun dan sekarang saya baru menjalani study saya selama 2 bulan…….saya sangat takut mengatakan hal semacam ini kepada keluarga saya jadi saya ingin mencoba konsultasi online.
      Sewaktu kambuh saya seperti hilang ingatan atau lupa jati diri juga logika terasa lumpuh(wrong perception) dan saya merasa semua orang mengetahui apa yang saya pikirkan….selalu merasa curiga terhadap orang lain….suasana sekitar menjadi asing….tidak memiliki selera humor…..sering lupa, saya merasa pikiran saya lepas kendali juga merasa kurang percaya diri, pandangan dan pendengaran saya terasa terganggu bahkan sempat hampir pingsan, juga sebenarnya pada waktu kambuh saya sering tidak dapat berpikir sesuai logika malahan suka berkhayal yang tidak- tidak,badan lesu (malas selalu)dan biasanya selalu berpikir ingin mati saja , susah tidur pada saat malam karena merasa ketakutan…..sewaktu kambuh saya merasa tidak ingin ketempat ramai dan lebih suka menyendiri juga menghindar dari teman-teman….padahal biasanya saya paling suka berkumpul dengan teman lainnya. Kalau saya mengingat seseorang secara otomatis pikiran saya selalu ingin berbuat jahat kepada orang tsb tetapi saya tidak ingin melakukan hal seperti itu dan sayapun nantinya merasa bersalah setiap melihat orang tersebut.
      Sebenarnya hal tersebut sudah dimulai dari SMP ketika saya mengalami kesurupan dan kejadian tersebut membuat saya menjadi takut atau trauma mengingat hal itu kembali dan juga ada teman bapak saya yang berkata bahwa kamu terkena guna-guna >_< pada waktu itupun saya percaya mungkin karena saya masih seorang anak-anak dilain pihakpun warga sekitar masih percaya akan hal-hal mistis (tradisional)……dan semenjak dewasa kejadian itu selalu menghantui saya……..sampai sekarang sering kambuh dan itu sangat tidak nyaman rasanya….saya merasa terkucilkan,rendah diri. Saya selalu merasa tidak diinginkan oleh teman-teman bahkan lingungan itu sendiri…..Help me plizz…..saya sudah 1 minggu tidak mengikuti perkuliahan karena takut….dan tidak berani untuk kembali ke lingkungan seperti itu padahal saya sebenarnya ingin agar bisa menamatkan perkuliahan saya. Padahal ini lingkungan baru, saya tidak ingin mengotorinya dengan kejadian-kejadian(pikiran-pikiran) tersebut karena dilingkungan ditempat asli saya tinggal saya sudah merasa dikucilkan.

    15. Saya Rizki
      saya pria berusia 25 tahun, saya masih singgle saya mempunyai masalah knp disaat saya lg punya problem ato sesuatu keinginan pasti pikiran dan perasaan saya setiap hari selalu terbayang kepikiran masalah tersebut, sampai berhari-hari brminggu-minggu saya selalu kepikira kebayang-bayang masalah tersebut, membuat saya jadi terganggu tersiksa dg seperti itu. mohon sarannya

    16. Saya dibesarkan oleh tante saya,ya bisa d bilang jauh dari org tua itu bkan hal yang baik,sy memeliki sifat iri sma org,sy jga selalu merasa kurang kasih sayang,drii umur 3 tahun Sampai skrg 21 tahun,sy tidak prnh tggl dgn org Tua,y kecuali musim liburan,yang ingin sy tanyakan apa bisa sifat iri terhadap org lain itu sy rubah???yang sy rasakan klo org lain punya to memiliki sesuatu entah itu barang to yang lain” rasa.a sy tidak suka,rasa cemburu selalu sja ada pda diri saya,apa itu krn sy tidak di besarkan dgn org Tua atau bgmn???tpii sy punya adik sepupu dia juga tidak dibesarkan oleh org tuanya dia sma seperti sy memiliki sifat iri hati dan cemburu terhadap org lain,mohon bantuannya supaya saya bisa berubah terima kasih…

    17. sy Y cowok 23 th single jawa tengah

      keluhan saya:
      sy slalu merasa grogi, pnas dingin, keringetan, deg2an klo ada org lain atau d keramaian, slalu ingin mnyendiri, grogi kalo d tempat umum, nyaman klo di keramaian tp suasananya gelap. mudah lelah, tdur berlebihan. sy jg mudah tersinggung, antisosial jg, sulit konsentrasi, cemas, sering galau, slalu ngrasa digosipin.

      sy sudah prnah ke:
      -psikiater 1x tp diagnosa cm depresi ringan tp sy blm puas dg jawabannya
      -psikolog 3x
      -hipno eft terapis 1x tp blm smbuh.

      sy kebingungan klo di tanya penyebabnya apa n sejak kpn sy mrasa bgini.

      mhon pncerahannya. sy pngen bgt ky org lain yg bs hidup normal. sekian kluhan sy terima ksih.

    18. akhir-akhir ni gw merasakan kurang percaya diri,pelupa dan suka ga konsentrasi.. bagimana ia cara ngatasinnya..?

    19. saya seorang mahasiswi sastra, saya sedang skripsi mengkaji novel pembunuhan. yang saya ingin tanyakan kalau seorang melakukan pembunuhan karena balas dendam. pembunuh itu balas dendam karena asisten pribadinya bunuh diri akibat di tipu oleh seorang wanita sewaan. pelaku pembunuhan hanya membunuh wanita dan teman2nya yg mengakibatkan asistennya bunuh diri. dari kasus ini menggunakan teori psikologi apa? tokohnya sapa? saya sudah mencari psikologi personologi murray kira2 cocok dengan kasus ini?

    20. Bgmn caranya menghilangkan rasa sayang sm seseorang?
      Sedikit cerita, saya pny pacar, sdh 3th berjalan, kita beda agama. Awal tahun semuanya lancar dan dia trlihat sgt penyayang, masuk th kedua dia mulai kasar, dan suka main tangan. Juga kelemahannya dia, dia ‘trlalu baik’ sm perempuan, bbrp kali bahkan sering saya ribut besar krn dia contac2an sm cw yang ga sewajarnya, stlh itu dia mulai blg saya yg trlalu curiga dn negatif thinking, smp dia bikin aturan kl saya ga boleh buka hpnya, smakin kesini smakin parah, kl saya ketauan lihat hpnya saya dikasari, pernah smp saya babak belur, dia antar ke rs, tp pas saya slsai dr dokter dia udh ga ada, dia cm ninggalin uang untuk bayar di kasir. Kjadian itu saya mengadu sm org tua, org tua marah besar sm saya, saya smakin tertekan, sempat bbrp kali sy mencoba mengakhiri hidup tp tdk berhasil. Sampe detik itupun saya ga bisa benci sm dia, dia hilang untuk 1 bulan, smp saya susul kekantornya dan diusir satpam krn dia ga mau ktmu sy. Selang 1 bulan dia hub saya lg pdhl waktu itu saya sdh dlm proses move on. Akhirnya kita balikan lagi, dgn harapan dia bkl berubah, ternyata ngga, smp skrg hampir tiap minggu kl brntm saya bonyok, baru2 ini saya smp susah jln krn itu, yg saya bingung, knp saya gbs buat benci dia, saya pgn sekali move on dr dia, krn dia udh ga menghargai saya sm skali tp perasaan sayang saya ke dia sgt dalam, jdnya saya cm bisa stress sendiri ga ada jl keluarnya. Krn sjk jadian lg pihak keluarga sy ga ada yg tau, sy kasian sm orgtua sy kl tau anaknya begini, apa yg hrs sy lakukan? Dn bgaimana prosesnya agar sy bs melupakan dia? Sy smpt bbrp kali mau lapor polisi tp ga tega…
      Fyi saya mahasiswa 21, dia sdh kerja 26th
      Saya tinggal seatap sm dia sdh lama,
      Apakah msh mgkn buat saya move on dr dia?
      Apa lbh baik saya pertahankan? Mungkinkah dia bkl bawa saya ke jenjang selanjutnya?*pernikahan*
      Mohon maaf apabila trlalu panjang, sy sangat mengharapkan respon anda yg pastinya berguna sekali buat sy..

      Regards

    21. Tes.

    22. Saya perempuan umur 19 thn. Sy mau konsiltasi. selama hidup sy, sy selalu bertanya tanya, sy hidup untuk siapa? Karena apa? Saat umur 7 thn sy mengetahui orang tua saya berpisah, tp sy tdk pernah mengungkitnya. Sy hidup bersama keluarga ayah. Karna ayah saya kerja sy harus tinggal dengan nenek dan tante. Sejak kecil saya terbiasa pulang balik makassar surabaya mengikuti nenek. Pada umur 14 sy diberitahu oleh ayah kalau ayah dan ibu saya sdh berpisah sejak sy umur 3 bulan. Ibu saya membawa saya yg berumur 3 bulan ke rumah orang tuanya lalu menghilang tanpa kabar. Ayah saya baru memberitahu sy secara langsung saat ayah saya mempunyai pacar. Sy tdk menangis karena saya sudah mengetahuinya sejak lama dan saya sama sekali tdk mengenal ibu saya. Saya tinggal bersama tante, saat SD - SMP saya sangat menyukai komik dan novel, sy rela menyimpan uang saku dari ayah saya untuk membeli komik dan novel sebulan sekali. Tp tante sy menyita koleksi komik dan novel sy dgn alasan karna saya kerjanya hanya baca komik dan novel. Padahal sy disekolah tdk pernah dpt nilai rendah. Sejak itu sy menjauhi komik dan novel. saat kelas 2 SMP sy mulai menyukai kpop, kdrama dll. Sy suka mendengar lagu dan menonton dramanya, tahun ketahun sy semakin suka. Kpop itu cara sy mencari teman. Bersosialisasi dengan topik kpop. Karna kpop lah sy berani memulai pembicaraan. ayah saya pernah bilang, ” semua jenis kesenanganmu kamu yg tanggung sendiri, dan jangan sampai berpengaruh dengan pendidikanmu” nah saya sangat suka kpop tp nilai saya di sekolah juga selalu bagus. Saat SMA disekolah sangat sedikit yg menyukai kpop, saya mulai suka sendiri, mendengarkan musik dll. Saya jadi senang sendirian. Kadang saat ramai ada teman pun awalnya saya berbaur tp tidak lama saya merasa saya sendirian. Kesepian. Makanya saya senang sendirian. Karna nilai saya lumayan sya membantu teman teman kelas saya belajar, tp sy merasa mereka memanfaatkan saya. Dan setelah ujian selesai saya menjauhi mereka. Ingin mendapat respon. Tp teman2 sy yg sy bantu tdk ada seorang pun yg peka. Dan saya semakin suka menyendiri. Sy sering dimarahi oleh ayah saya karna suka berkurung dikamar sambil mendengarkan lagu kpop.dan ayah saya pun mulai menentang sy menyukai kpop. Sy berfikir ayah saya berubah semenjak dia mempunyai istri. Sy berfikir kenapa sih dia gak membiarkan saja sy dengan apa yg sy suka? Toh waktu dia mau menikah lagi tdk ada yg saya tentang. Sy hanya diam menerima. Saya merasa didunia ini tdk ada yg mengenal saya. Sya didunia ini sendiri. Walaupun ada ayah saya merasa yatim piatu, anak pungut. Karena ayah sy pernah bilang ” sifatmu itu dari mana? Ayah waktu muda tdk pernah seperti itu!”. Saya senang sendirian. Saya menganggap idola saya itu teman saya. Teman yg tdk akan meninggalkan saya. Lagu lagu mereka sangat menenangkan. Apa saya terlalu mendramatis? Saya lebih memilih sakit jiwa dan sendirian menikmati hidup yg saya sukai dri pada hidup didunia yg ayah saya inginkan. Sejak kecil saya selalu mengiyakan dan tdk menuntut keinginan sy harus dipenuhi karna ayah saya tdk pernah stay dengan saya. Dia pergi pagi pulang subuh. Dia ingin saya kurssus padahal sy tdk menyukainya tp sy ikuti sj sampai saat saya muak saya tdk berhenti. Bagaimana mengatasi fikiran fikiran negatif yg sering terfikirkan karena masalah sy ini?

    23. Aku punya masalah, aku pacaran udah dari tahun 2012 pacarku awalnya baik banget sopan dan bener2 memperlakukan aku lebih dari layak, lemah lembut. Tapi emg dari awal pacaran kita udah bandel (no ML) pas beberapa bulan kemudian dia ngajak aku melakukan hubungan itu, dan aku nge-iyain gitu aja. Abis berhub dia masih baik2 terus. Tapi semejak 1tahunan, awalnya aku suka marah sm dia trus ngomong kasar pernah sesekali aku tampar dia. Tapi aku udah berubah skrg, ini udah jalan 3tahun, tapi dia berubah dia selalu ngomong kasar mukulin aku injek kepala aku dan lain lainnya. Dia gampang banget bilang putus, dan nganggep aku sampah bgt, dia seenaknya sama aku. Aku udah trauma sama dia, aku udah gak mau lagi. Tapi aku bingung harus gimana:(. Aku sedih. Aku bingung harus mulai hidup aku lagi dari mana, hampir 3tahun sama dia, aku jadi ga punya temen, karna dia cemburuan bgt, aku jadi selalu bela dia daripada temen aku. Aku pengen move on aku harus gimana?

    24. ROMANCE CONSULTANT – ROMANCING MADE EASY AND FAST Kursus-Konsultasi Fenomena - Bandung 085860683402
      Romance Insight For Women - Kursus Terapi Cinta Plus Studi Perilaku Lelaki
      Romanzo Tarot Reading - Psikologi Tarot Tentang Cinta (Deteksi Dini Motif/Profil Pasangan)
      Mind Romance Programing - Taktik Memperoleh Kekasih/Jodoh Dalam Waktu Cepat Dan Mudah.
      Kursus Taktik/Terapi Cinta/Jodoh+Psi-Tarot ANDRO: 085860683402 Bandung romanzologi.blogspot.com

    25. hmmm udah mau 50 th nih umurku

    26. yups

    Leave a reply

    Why ask?